JAKARTA – Keputusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dalam Pilkada Jakarta 2024 telah memicu keheranan di kalangan media internasional. Beberapa diantaranya seperti The Star, Reuters, dan The Straits Times mengungkapkan keterkejutan mereka atas langkah partai terbesar di Indonesia dengan mencalonkan Pramono Anung, bukan Anies Baswedan yang sebelumnya dianggap sebagai kandidat favorit.

Seperti The Star dari Malaysia juga mengekspresikan keterkejutannya dalam artikel berjudul “PDI-P picks Jokowi’s cabinet secretary for Jakarta governor race”. “Partai terbesar di Indonesia secara tak terduga menunjuk sekretaris kabinet Presiden Joko Widodo sebagai kandidatnya dalam pemilihan gubernur Jakarta pada bulan November, mengakhiri spekulasi bahwa partai tersebut akan mendukung kritikus utama presiden tersebut,” jelasnya.

Pencalonan Pramono Anung juga menandai berakhirnya spekulasi tentang dukungan PDI-P terhadap Anies Baswedan. Anies, yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta dari 2017 hingga 2022 dan baru saja kalah dalam pemilihan presiden, kini terlihat semakin menjauh dari peluang untuk kembali memimpin ibu kota.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours