Antonio Gutteres Tanggapi Perang Iran-Israel : Timur Tengah, Di Ambang Kehancuran

Jakarta – Masyarakat Internasional diperingatkan oleh Antonio Gutteres, Sekertaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa agar tidak terlibat lebih jauh dalam konflik.


Antonio berbicara pada Dewan Keamanan PBB dalam pertemuan mengenai serangan Iran terhadap Israel pada Minggu (14/4) “Baik kawasan ini (Timur Tengah) maupun dunia tidak mampu menanggung lebih banyak perang. Timur tengah berada di ambang kehancuran” Dalam pidatonya Gutteres mengulangi kecamannya atas serangan Iran terhadap Israel, serta serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus.“Sudah waktunya untuk mundur dari keterpurukan. Sangat penting untuk menghindari tindakan apapun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di timur tengah.” Kata Gutteres.


Peningkatan ketegangan ini terjadi di tengah perang enam bulan israel melawan Hamas di Gaza, yang dimulai setelah serangan kelompok militan palestina pada 7 Oktober 2023. Serangan ini mengakibatkan 1.170 orang, sebagian besar warga sipil menurut AFP angka ini dari pihak Israel. Sementara serangan balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 33.729 orang di Gaza, sebagian perempuan dan anak anak menurut kementrian kesehatan di wilayah yang dikelola Hamas.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours