PDIP Ungkap Ketakutan Kepala Daerah Terhadap Politik Uang dalam Pilkada 2024

Jakarta – Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa banyak tokoh yang enggan mencalonkan diri sebagai kepala daerah dalam Pilkada 2024. Menurutnya, ketakutan tersebut dipicu oleh potensi penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sebuah diskusi di Jakarta pada Minggu (7/4), Hasto menyatakan bahwa berita tentang penurunan minat para kepala daerah untuk maju telah menjadi perhatian serius, dengan banyak di antara mereka enggan karena meningkatnya praktik politik uang yang memengaruhi proses demokrasi.

Hasto Kristiyanto tidak merinci tokoh mana saja yang menolak untuk maju dalam Pilkada 2024, namun dia menyoroti masalah politik uang yang meluas dalam Pemilu 2024. Dia menegaskan bahwa praktik ini mendorong calon kepala daerah untuk mencari sumber dana yang signifikan untuk kampanye mereka, dengan beberapa di antaranya menghabiskan dana hingga empat kali lipat dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya, tetapi dengan hasil yang tidak memuaskan. Hal ini, menurutnya, merupakan indikasi kerusakan dalam sistem demokrasi yang harus diatasi.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours