JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan stok vaksin cacar monyet (mpox) di Indonesia masih aman. Vaksin mpox saat ini fokus diberikan kepada kelompok tertentu, seperti penderita HIV, sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Budi juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh hoaks, serta terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI, dr. Prima Yosephine, menjelaskan bahwa vaksinasi mpox ditujukan untuk kelompok berisiko tinggi, seperti lelaki yang berhubungan seks dengan lelaki (LSL), pasangan seks multipel, dan individu yang melakukan kontak langsung dengan penderita mpox dalam dua minggu terakhir. Selain itu, petugas laboratorium yang memeriksa spesimen virologi dan petugas kesehatan yang menangani kasus mpox juga menjadi prioritas vaksinasi.

Anak-anak saat ini tidak termasuk dalam kelompok yang mendapatkan vaksin mpox di Indonesia. Fokus vaksinasi adalah untuk memberikan perlindungan bagi mereka yang berisiko tinggi tertular, terutama petugas kesehatan yang berhubungan langsung dengan penanganan kasus mpox.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours