Mahfud: Kebebasan Mimbar Akademik Era Soeharto Relatif Masih Didengar

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyebut upaya yang muncul untuk menandingi gelombang kritik oleh para civitas academica dari berbagai perguruan tinggi atau kampus terhadap Joko Widodo bisa berakibat buruk pada timbulnya perpecahan di tengah masyarakat.

Mahfud berpendapat, kebebasan atau mimbar akademik harus tetap dihormati. Eks Menko Polhukam RI itu pun membandingkan perlakuan di masa Jokowi dengan rezim Presiden Soeharto. “Kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik harus tetap dihormati. Karena seotoriter zaman Pak Harto pun kebebasan akademik dan mimbar akademik relatif masih cukup didengarkan dan relatif masih berwibawa,” ucapnya.

Mahfud sendiri sebelumnya mengungkap adanya upaya menekan para rektor lewat sebuah operasi oleh pihak tertentu untuk menyuarakan narasi positif terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi). Belakangan ini, sejumlah civitas academica dari pelbagai kampus di Indonesia menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Jokowi serta menuntut pemilu 2024 yang jujur dan adil.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours