Tanggapi Isu Bayar UKT Pakai Pinjol, Menteri Keuangan Siapkan “Student Loan”

Jakarta – Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan menyampaikan bahwa saat ini Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tengah menyiapkan bantuan pinjaman biaya pendidikan bunga rendah untuk mahasiswa (student loan) yang digunakan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Akan tetapi skema beserta student loan tersebut masih dalam tahap pengkajian.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa student loan nantinya akan ditujukan kepada mahasiswa yang menghadapi kesulitan ekonomi dalam membayar uang kuliah. Dana student loan akan diambil dari dana abadi yang telah dialokasikan dalam program LPDP.

Program LPDP terus mengalami pertumbuhan yang signifikan, dari yang awalnya Rp1 triliun menjadi hampir mencapai Rp139 triliun. Ditambah dengan penambahan anggaran yang mencapai Rp150 triliun. Sri Mulyani menilai bahwa program student loan merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Oleh karena itu, peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dianggap sebagai hal yang krusial.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours