JAKARTA – Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, menyatakan bahwa analisis laporan klarifikasi penggunaan jet pribadi oleh Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo, akan selesai pekan ini. Menurut Pahala, KPK akan memeriksa apakah fasilitas yang digunakan Kaesang merupakan milik negara atau bukan. Jika fasilitas tersebut milik negara, maka nilainya akan dikonversi menjadi uang dan disetorkan ke kas negara, sementara jika tidak, laporan akan dianggap selesai.

Kaesang Pangarep datang ke Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, untuk memberikan klarifikasi secara sukarela. Ia juga berkonsultasi dan meminta arahan terkait isu gratifikasi yang menimpanya. Pahala mengapresiasi inisiatif Kaesang sebagai warga negara untuk memberikan penjelasan meskipun bukan merupakan penyelenggara negara. Selain itu, Kaesang menyatakan kesiapannya untuk memberikan informasi tambahan jika diperlukan oleh KPK.

Kaesang menjelaskan bahwa ia menggunakan jet pribadi temannya saat melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada 18 Agustus. Klarifikasi ini muncul setelah sorotan publik mengenai penggunaan jet pribadi tersebut, yang pertama kali mencuat ketika istrinya, Erina Gudono, membagikan pemandangan dari dalam jet pribadi di media sosial. Meskipun demikian, Kaesang meminta agar pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini diarahkan kepada KPK.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours