JAKARTA – Malaysia melaporkan kasus pertama Mpox atau cacar monyet di tahun 2024 pada Selasa (17/9), dengan seorang pria terdeteksi positif varian Clade II. Pria tersebut mengalami gejala ringan seperti demam, tenggorokan kering, batuk, dan ruam, namun tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri baru-baru ini. Sumber penularan virus masih belum diketahui.

Kasus ini merupakan yang pertama di Malaysia tahun ini, setelah sebelumnya, pada Juli tahun lalu, ditemukan 10 kasus Mpox varian Clade II. Mpox kini menjadi perhatian global karena daya tularnya yang meningkat, dengan gejala awal berupa flu dan bintik berisi cairan di kulit. WHO telah menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan global untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir.

Walaupun sebagian besar kasus Mpox bergejala ringan, virus ini dapat berakibat fatal pada individu dengan daya tahan tubuh lemah, seperti penderita HIV, anak-anak, ibu hamil, dan lansia. Varian Clade 1b dari Mpox, yang sering menyebabkan kematian, memiliki tingkat kematian sebesar 3,6 persen per kasus menurut WHO.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours