Anies Baswedan bicara soal kemungkinan membentuk partai politik (parpol) baru usai dipastikan tak maju Pilkada Serentak 2024. Merespons Anies, Golkar memberikan dukungan terkait Anies membentuk partai baru. “Kalau kita berpolitik ya harusnya sih melalui parpol,” kata Waketum Golkar Ace Hasan Syadzily di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2024).

“Jangan hanya mau mendapatkan kekuasaannya, tetapi mengelola partainya tidak mau. Jadi sebaiknya menurut saya ya kita kembalikan itu hak siapa pun untuk mendirikan parpol,” kata dia.Ace menilai sudah sewajarnya bila seseorang perlu terlibat dalam proses mengelola parpol jika hendak memimpin di pemerintahan. Meski begitu, Ace menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan apakah dia ingin mendirikan atau bergabung dengan parpol. Sebab, hal itu merupakan hak politik setiap warga negara.

Sebelumnya, Anies juga buka suara setelah dipastikan tak ikut berlaga dalam kontestasi Pilkada 2024. Anies pun membicarakan soal peluang untuk membentuk organisasi masyarakat (ormas) atau parpol. Hal ini disampaikan Anies dalam video ‘Catatan Anies Pasca Pilpres dan Pilkada 2024’ yang tayang di Channel Youtube Anies Baswedan, Jumat (30/8).

Anies berharap langkah-langkah ini bisa ia wujudkan. “Kita lihat sama-sama ke depan. Semoga tidak terlalu lama lagi kita bisa mewujudkan langkah-langkah konkret untuk bisa mewadahi gerakan yang sekarang ini yang makin hari makin membesar,” tuturnya.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours