JAKARTA – Prabowo Subianto, presiden terpilih, akan memprioritaskan pihak-pihak yang mendukungnya untuk masuk dalam kabinet 2024-2029. Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkapkan bahwa Prabowo mempertimbangkan prestasi dan manfaat dari menteri-menteri Jokowi. Meskipun demikian, Dahnil belum bisa memastikan berapa menteri Jokowi yang akan diajak masuk ke kabinet Prabowo.

Dahnil menekankan bahwa integritas dan meritokrasi akan tetap menjadi syarat utama dalam pemilihan menteri. Mengenai kemungkinan Prabowo merekrut menteri dari PDI Perjuangan (PDIP), Dahnil mengatakan itu tergantung komunikasi politik antara Prabowo dan PDIP. Sementara itu, Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai bahwa keberlanjutan yang diinginkan Prabowo seharusnya menekankan pada kapabilitas menteri, bukan hubungan darah atau keluarga.

Dalam penutupan Rapimnas Partai Gerindra, Prabowo berseloroh tentang keinginannya untuk mengajak beberapa menteri Jokowi masuk ke kabinetnya. Dia menyatakan kekagumannya terhadap kerja keras Jokowi dan para menterinya selama periode 2019-2024. “Karena bapak pilih orang-orang hebat, mungkin sebagian dari mereka akan masuk kabinet saya nanti,” ucap Prabowo dalam pidatonya.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours