JAKARTA–BMKG mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia selama sepekan ke depan, hingga 28 Agustus 2024.

Hujan diperkirakan akan mengguyur Indonesia bagian tengah dan utara, termasuk Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, akibat fenomena cuaca global seperti gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan Madden-Julian Oscillation (MJO).

Sementara itu, wilayah selatan Indonesia, seperti pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, masih mengalami musim kemarau dengan cuaca cerah hingga berawan. BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, termasuk hujan lebat dan angin kencang, dan untuk memantau informasi cuaca sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Peningkatan kecepatan angin dan adanya konvergensi di beberapa wilayah juga dapat meningkatkan tinggi gelombang di perairan sekitar. BMKG mencatat potensi pertumbuhan awan hujan yang signifikan di daerah konvergensi, dengan dampak yang lebih besar di Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours