JAKARTA–Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menyatakan tidak keberatan jika banyak partai politik memilih bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan bahkan menjadi KIM Plus. Dalam pidato politiknya di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Agustus 2024, Megawati menegaskan bahwa setiap partai memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berbeda, dan PDIP akan tetap mandiri meski harus berjalan sendiri.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) saat ini terdiri dari partai-partai seperti Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat dalam Pilpres 2024. Baru-baru ini, Partai Nasdem, Perindo, dan PPP juga menyatakan bergabung untuk mendukung pemerintahan Prabowo Subianto pada periode 2024-2029. Wacana KIM Plus juga muncul menjelang Pilkada Serentak 2024.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa PDIP tidak memiliki masalah dengan banyaknya partai yang bergabung dengan KIM. Menurutnya, PDIP tetap menjadi jembatan penghubung bagi semua partai, dengan mayoritas calon kepala daerah yang didukung berasal dari PDIP, menunjukkan posisi PDIP yang kuat dan inklusif.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours