LAMPUNG – Muhamat Amin, seorang veteran yang kini usianya sudah menginjak 114 tahun dan tinggal di Desa Brawijaya Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur, beliau mengisahkan semasa menjadi pasukan jenderal soedirman di saat perang gerilya di jaman kolonial belanda.

Meski usianya sudah lebih dari satu abad namun Muhamat Amin masih tampak sehat dan gagah mengenakan pakaian militernya. Ia masih mengingat saat-saat pertama bergabung militer saat usianya telah menginjak 18 tahun dan bergabung bersama laskar rakyat di Magelang.Muhamat Amin juga ikut berperang bersama Jenderal Soedirman di Banyuwangi Jawa Tengah hingga ikut memikul tandu sang jenderal.

Namun sayangnya jasa-jasa Muhamat Amin dalam merebut kemerdekaan indonesia kini seolah terlupakan.ia bersama keluarga harus tinggal di rumah yang tak layak berdindingkan papan. pria kelahiran 1910 ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan dari pihak desa telah 2 kali mengusulkan ke pemerintah untuk program bedah rumah milik veteran Muhamat Amin tetapi hingga saat ini masih belum ada jawaban yang pasti.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours