Wacana KIM Plus dan Cawagub Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil (RK), menjadi calon kuat yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilgub Jakarta mendatang. Bersamaan dengan kabar tersebut, menguat juga dugaan adanya wacana KIM plus atau adanya partai tambahan yang ikut memberi dukungan pada RK.

KIM merupakan koalisi pendukung presiden terpilih Prabowo Subianto pada Pilpres April 2024 lalu. Koalisi ini beranggotakan Partai Gerindra, Golkan, Demokrat, dan PAN. Sejauh ini masih belum diketahui partai mana yang bergabung kembali menjadi KIM plus untuk mendukung RK di Pilkada Jakarta mendatang.

Sufmi Dasco Ahmad sebagai Ketua Harian Partai Gerindra mengaku telah terjadi kesepakatan dari KIM plus guna memunculkan nama Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta kali ini.

Pada Senin (5/8/2024) di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Dasco mengatakan, “Ya, insyaallah di KIM plus sudah muncul satu nama. Yaitu Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI Jakarta,”

Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya akan menyampaikan nama-nama partai lain yang turut bergabung pada KIM plus dalam waktu dekat ini. Pihaknya akan melakukan sinkronisasi dengan partai lain.

“Sama, nanti sehari dua hari baru kita sampaikan plusnya siapa saja. Sehari-dua hari dalam rangka bukan (deklarasi) kita melakukan sinkronisasi dengan partai KIM dan plusnya,” ungkapnya.

Terkait cawagub RK, Dasco mengatakan pihaknya akan mengumumkan nama setelah KIM plus terbentuk. Ia juga menyampaikan bahwa keputusan perihal ini masih dalam proses diskusi lebih lanjut secara internal. Ia pastikan cawagub RK akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Ya, ini belum bisa diumumkan ke publik, ini kan sedang dilakukan pendalaman terhadap nama-nama cawagub yang masuk. Ya sehari dua hari (akan diumumkan),” kata Dasco.

Ketua Harian Partai Gerindra itu juga mendapat pertanyaan perihal kabar cawagub RK akan berasal dari PKS. Namun ia menegaskan bahwa komunikasi dengan partai selain KIM tidak hanya dengan PKS, namun juga dengan NasDem, PKB, PPP, hingga Perindo.

“Saya nggak ngomong komunikasinya ke PKS aja, kan kita komunikasi dengan partai-partai politik, seperti NasDem, seperti PKB, kita juga ada komunikasi sama PPP, ada juga komunikasi dengan Perindo. Semua kita komunikasi,” tuturnya.

Kabar jika RK maju di Pilgub Jakarta muncul setelah Golkar secara resmi mengumumkan nama Dedi Mulya untuk Pilgub Jawa Barat. Dengan begitu, surat tugas Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat bisa dipastikan gugur dan maju di Pilgub Jakarta nanti. Sebelum ini, RK mendapatkan dua surat tugas sekaligus dari Golkar untuk Jawa Barat dan Jakarta.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pastikan kadernya, Ridwan Kamil, on the way maju ke Pilgub Jakarta. Ridwan Kamil akan diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan beberapa partai lainnya.

On the way to DKI. KIM dan partai lain,” ucap Airlangga pada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Airlangga menyampaikan, perkara partai luar KIM yang turut mendukung akan segera diumumkan bersamaan dengan cawagub. Pengumuman ini akan dilakukan sebelum waktu pendaftaran calon pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

“Nanti ya, to be announced. Sebelum tanggal 27 (Agustus),” ujarnya.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours