PKB CAK IMIN DINILAI MENYIMPANG, PBNU AKAN BENTUK TIM LIMA

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang kini dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dinilai telah menyimpang dari fatsun awal pendiriannya. Menyikapi hal ini, Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) berencana untuk mengembalikan PKB ke jalur yang benar.

Langkah awal akan dilakukan adalah membentuk Panitia Khusus, yang disebut Tim Lima. “Pansus itu bakal disebut sebagai Tim Lima yang bekerja untuk meluruskan sejarah PKB,” kata Gus Ipul, sapaanya, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat (26/7/2024) dikutip dari Antara.

Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf, menyebutkan bahwa pernyataan-pernyataan elite PKB akhir-akhir ini tampak ahistoris dan menunjukkan tanda-tanda pergeseran dari sejarah berdirinya PKB. Untuk itu, PBNU akan membentuk Panitia Khusus, yang disebut Tim Lima, untuk meluruskan sejarah PKB.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, menjelaskan bahwa Tim Lima akan bertugas untuk mengkaji dan memperbaiki kesalahan yang terjadi dalam perjalanan PKB. Ia juga mengingatkan bahwa PKB didirikan oleh struktur PBNU hingga ke cabang dan ranting, sehingga tanpa dukungan NU, PKB tidak akan pernah ada.

Tim Lima yang akan dibentuk akan memiliki kesamaan dengan Tim Lima yang dibentuk PBNU di awal reformasi ketika PKB didirikan. Pembentukan tim ini akan segera dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Rais Aam K.H. Miftachul Ahyar dan Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf. Gus Ipul menyebutkan bahwa seluruh tokoh dan aktivis NU akan diundang untuk memberikan pendapat terkait hal ini.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours