Otoritas IKN Optimistis Tak Akan Ada Kemiskinan di Ibu Kota Negara Nusantara pada 2035

JAKARTA – Otoritas IKN (OIKN) optimistis bahwa penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak akan mengalami kemiskinan pada tahun 2035, sesuai dengan rencana induk pemerintah. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin, menyoroti dampak positif yang sudah dirasakan oleh ekonomi Kalimantan Timur meskipun pembangunan IKN belum selesai sepenuhnya.

Meskipun target tersebut menantang, OIKN mengakui bahwa pengentasan kemiskinan bukan hanya masalah ekonomi semata, melainkan juga terkait dengan mindset masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut, OIKN bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Mereka akan melakukan intervensi kepada masyarakat miskin, termasuk yang mengalami kemiskinan ekstrem.

OIKN juga menyebutkan target untuk mencapai nol persen kemiskinan di IKN pada tahun 2035, dengan harapan bahwa pada tahun 2045, IKN akan memiliki rasio gini regional terendah di Indonesia. Wilayah IKN saat ini masih menjadi tanggung jawab bersama, dan OIKN mengajak pemerintah daerah terkait untuk ikut aktif dalam membangun IKN.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours