Aksi Unjuk Rasa Massa Pendukung Pemakzulan Jokowi di Gedung DPR/MPR RI: Demonstrasi dan Bentrokan

Sekitar 500 orang massa dari berbagai kelompok yang mendukung pemakzulan Joko Widodo Presiden, siang hari ini, kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta.

Sebelumnya, pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan calon presiden nomor urut 1, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pasangan calon presiden nomor urut 3 dalam Pilpres 2024, melakukan demonstrasi di lokasi yang sama dengan tuntutan agar DPR RI menginisiasi hak angket untuk menggulingkan Jokowi dari jabatan presiden periode 2019-2024, yang diduga sebagai dalang di balik kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres 2024. Massa yang berkumpul membakar ban mobil bekas di tengah jalan sekitar pukul 14.00 WIB, mengakibatkan penutupan total Jalan Gatot Subroto di depan Gedung Parlemen, serta dialihkannya lalu lintas ke jalur alternatif. 

Pada sore hari sekitar pukul 16.05 WIB, terjadi bentrokan antara massa yang mengklaim sebagai mahasiswa pendukung Jokowi dan kelompok yang mendukung hak angket DPR, yang berlangsung sekitar lima menit dengan saling lempar botol plastik dan batu, namun kericuhan tersebut dapat diredam cepat oleh aparat kepolisian. Untuk mengamankan jalannya aksi, sebanyak 3.929 personel gabungan dari berbagai instansi, termasuk Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait, dikerahkan di sekitar lokasi. Selain itu, pengamanan juga diperketat di akses masuk ke Gedung DPR/MPR RI dengan hanya orang-orang yang memiliki kartu akses khusus yang diizinkan masuk.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours