Tom Lembong Sebut Kutukan Periode Kedua Pemerintahan, Apa Itu?

Jakarta – Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong sebut kutukan periode kedua dalam podcast bersama Novel Baswedan yang diunggah pada Ahad, 28 Januari 2024. Sebutan ini diduga merujuk pada periode kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi.  Sebelumnya, nama Tom Lembong menjadi perbincangan publik lantaran namanya disebut beberapa kali oleh calon wakil presiden atau Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, pada debat Cawapres, Minggu, 21 Januari 2024. Gibran tercatat menyebut nama Tom Lembong sebanyak dua kali.

Tom Lembong mengiyakan adanya dugaan korupsi tersebut. Ia pun menyatakan bahwa ada rasio program yang dikorupsi ditaksir mencapai 30-50 persen dari total proyek. Kemudian, terkait lahan sawit ilegal dan ekspor impor nikel, Tom Lembong menyebutnya sebagai kutukan periode kedua. 

“Ini merupakan fenomena legendaris yang disebut second term curse atau kutukan periode kedua. Jadi setelah dipilih kembali dan sudah konsolidasi kekuasaan kemudian munculah perasaan, ini peluang terakhir untuk menguangkan kekuasaan. Ya karena setelah inikan selesai. Jadi, munculan motivasi berbondong-bondong memaksimalkan peluang untuk menguangkan kekuasaan,” kata Tom Lembong. 

Sebagai informasi, Tom Lembong kini berperan sebagai Co-captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas Amin) sejak 14 November 2023. Sebelum merapat ke Koalisi Perubahan, orang dekat Anies ini dulunya merupakan kepercayaan Jokowi.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours