Anies Tanggapi Polemik PBNU Diduga Beri Arahan Pilih 02 di Pilpres

Yogyakarta- Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyerahkan kepada internal PBNU untuk menyelesaikan polemik arahan mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Anies sempat balik bertanya saat disinggung perihal isu tersebut. Ia lantas menyerahkan persoalan ini agar dirampungkan secara internal oleh PBNU. “Bukankah instruksinya netral? Ya, biar diselesaikan secara internal,” kata Anies acara kampanye akbar di Lapangan Jambidan, Bantul, DIY, Selasa (23/1).

Soal dugaan arahan amanat atau dawuh dari PBNU itu sebelumnya sempat pula diungkap Nadirsyah Hosen (Gus Nadir) dalam wawancara yang disiarkan via Youtube beberapa waktu lalu. Dalam potongan video wawancara Gus Nadir yang tersebar di media sosial mengatakan PBNU mengumpulkan seluruh pengurus mulai dari tingkat cabang dan wilayah seluruh Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan Gus Yahya dan Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar turut hadir pada pertemuan tersebut.

Senada, Ketua PBNU Ahmad Fahrur Razi membantah ada arahan resmi dari organisasinya untuk mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Dia menegaskan hingga saat ini PBNU tak pernah mengeluarkan sikap resmi untuk mendukung salah satu paslon di Pilpres 2024. Menurut dia, dukungan oleh pengurus NU murni atas nama pribadi. Sebab, kata Fahrur, PBNU saat ini juga telah menonaktifkan sejumlah pengurus mereka yang menjadi timses dan maju dalam pencalonan Pilpres 2024.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours