Profil Tom Lembong, ‘Eks Orang’ Jokowi yang Disebut Gibran di Debat

Jakarta- Gibran Rakabuming Raka banyak menyinggung Thomas Lembong dalam Debat Cawapres pada Minggu (21/1). Beberapa kali ia menyinggung nama Thomas Lembong dalam debat itu. Salah satunya saat ia mengangkat isu Lithium Ferro Phosphate (LFP)  dan menanyakannya ke cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Gibran mengatakan tim sukses paslon nomor urut 1 sering bicara soal LFP.

Tom, sapaan akrabnya, lahir pada 4 Maret 1971. Ia meraih gelar sarjananya di Universitas Harvard pada 1994 dengan gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dan tata kelola. Setelah lulus, ia bekerja di Divisi Ekuitas Morgan Stanley di New York dan Singapura pada 1995. Ia kemudian menjadi bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia pada 1999-2000.

Setelah itu, Tom mendirikan Consilience Policy Institute yang secara resmi beroperasi di Singapura. Lembaga ini merupakan sebuah wadah pemikir yang mengadvokasi kebijakan ekonomi internasionalis dan reformis di Indonesia. Berkat kerja kerasnya, Tom meraih sejumlah penghargaan bergengsi di kancah dunia. Ia terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada 2008. Selain itu, Tom dianugerahi Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada 2017. Tak hanya itu, Tom juga menerima penghargaan Order of Diplomatic Service Merit, First Class Second Grade atau Gwanghwa Medal dari Korea Selatan pada 2020 lalu.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours