Mahfud MD ke Gibran soal Greenflation: Ngawur, Ngarang Gak Keruan, Tidak Ada Gunanya Menjawab

Jakarta – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut tiga Mahfud MD berdebat dengan Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka soal greenflation. Momen ini terjadi dalam sesi tanya-jawab dalam Debat Cawapres 2024 pada Ahad malam, 21 Januari 2024. Saat itu, Gibran bertanya ke Mahfud, ‘Bagaimana cara mengatasi greenflation?” Mahfud sempat bingung dengan terminologi yang digunakan Gibran. Moderator pun mengingatan Gibran untuk menjelaskan istilah yang dimaksud. 

Setelah tahu apa yang dimaksud Gibran, Mahfud pun mulai menjawab. Berbicara soal greenflation, Mahfud memulai penjelasannya dari ekonomi hijau atau ekonomi sirkuler, yaitu prinsip pemanfaatan produk ekonomi yang setelah penggunaannya untuk didaur ulang. Cawapres Ganjar Pranowo ini juga menceritakan kebanggaannya sebagai orang Madura yang ia klaim sudah menerapkan ekonomi sirkuler sejak lama. “Orang Madura yang mempelopori ekonomi hijau, ekonomi sirkuler. Orang Madura yang pungut sampah, pungut plastik, lalu diolah,” kata Mahfud. 

Usai mendengar paparan Gibran, Mahfud pun berbalik mempertanyakan jawaban Gibran. “Saya juga ingin mencari juga tuh. Jawabannya ngawur juga. Ngarang-ngarang nggak keruan. Mengkait-kaitkan sesuatu yang tidak ada,” kata Mahfud. “Kalau akademis, gampangnya kalau bertanya kayak gitu recehan. Oleh sebab itu, tidak layak dijawab dan tidak ada jawabannya.” Mahfud MD lantas mengembalikan sesi ke moderator meskipun ia masih memiliki waktu untuk berbicara. “Tidak ada gunanya menjawab,” ujarnya.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours