JAKARTA–Anies Baswedan berpesan kepada diaspora Indonesia di Jepang untuk tetap aktif berkontribusi dalam menyelesaikan masalah, terutama dalam menjaga demokrasi di Tanah Air. Dalam kuliah umum di Sophia University, Tokyo, Anies mengingatkan pentingnya menggunakan teknologi digital untuk berbagi pemikiran dan praktik terbaik meskipun mereka jauh dari Indonesia. Dia menekankan bahwa keterlibatan diaspora sangat penting untuk kemajuan bangsa.

Anies menambahkan bahwa era digital memudahkan diaspora untuk terus terhubung dan berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan politik Indonesia, di mana pun mereka berada. Ia mendorong mereka, terutama mahasiswa, untuk menjadi solusi atas masalah-masalah yang dihadapi Indonesia dan membawa perspektif segar dalam demokrasi. Menurutnya, pemuda memiliki peran krusial dalam membawa inovasi, inklusivitas, serta memastikan stabilitas dan keberlanjutan demokrasi.

Selain itu, Anies mengingatkan diaspora agar selalu memberikan kesan positif di lingkungan mereka, baik kepada rekan kerja, atasan, atau dosen. Dia mengingatkan bahwa sebagai perwakilan Indonesia di luar negeri, mereka membawa nama baik bangsa, sehingga penting untuk selalu memberikan yang terbaik dan membuat orang-orang terkesan dengan kinerja mereka.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours