Surabaya, Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Jatim menyelenggarakan pembekalan Bhabinkamtibmas se-Jatim dalam rangka cipta kondisi masyarakat yang kondusif menjelang Pilkada Jatim 2024, yang aman, damai, tertib, sejuk dan sukses dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 3 – 6 September 2024.
Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Sport Center, Universitas UNISA, Surabaya, Jumat (6/9/2024) sore.

Hadir dalam giat kali ini, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, didampingi pejabat utama (PJU) polda jatim, serta dihadiri oleh seluruh Bhabinkamtibmas se-Jatim, baik yang hadir secara langsung maupun video confrance.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil bhabinkamtibmas atas dedikasi, kontribusi dan pengabdian yang telah diberikan. Sehingga sampai hari ini pengelolaan aspek keamanan di wilayah Jawa Timur bisa dilaksanakan dengan baik dan terpelihara situasi Kamtibmas yang cukup kondusif.

Total Babinkamtibmas selama empat hari yang kita berikan pembekalan itu ada 7731. Materi pembekalan adalah terkait kesiapan untuk mengawal suksesnya pilkada 2024 di Jawa Timur.

“Kita tau identifikasi persoalan-persoalan masalah itu akan muncul di tingkat terbawah RT/RW di desa di mana bhabinkamtibmas bertugas. Selama empat hari ini mereka dibekali ilmu dari KPU, Bawaslu kemudian dari Pembina fungsi di Polda sendiri pengamanan, kemudian tindakan-tindakan yang harus dilakukan manakala menemukan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan gangguan gangguan terkait dengan jalannya kelancaran Pilkada sehingga mudah-mudahan kita harapkan mereka sebentar lagi akan terjun ke lapangan kemudian memiliki misi yang sama dan memiliki keyakinan untuk melakukan tindakan-tindakan yang tepat dalam menghadapi persoalan-persoalan yang muncul dalam pilkada,” lanjutnya.

Pembekalan hari ini kita bekal kan beberapa peralatan tas multifungsi bhabinkamtibmas yang mereka bawa pulang dan itu nanti betul-betul harus bisa dioptimalkan dan dimanfaatkan dalam mendukung pelaksanaan tugas di desa desa binaan nya.

“Babin ini nantinya memiliki tugas mengamankan TPS TPS. Tentunya akan didukung oleh petugas polisi yang sudah di Sprin kan oleh Polda baik di tingkat Polres maupun dari Polda kemudian digeser dimana TPS berada,” tegas Kapolda.

Mereka berkolaborasi dengan petugas yang lain dalam hal ini Babinsa Kemudian petugas KPPS petugas yang penyelenggara Pemilu itu sendiri untuk memantau dan mengawasi suksesnya penyelenggaraan pemilu dan mengawasi manakala ada yang akan mengganggu.

Setelah itu mereka juga mengawal kotak suara kotak suara yang ada dari TPS TPS untuk dibawa ke Kecamatan dari Kecamatan kemudian dibawa ke kabupaten kota.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours