JAKARTA–Komika Kiky Saputri menyatakan dukungannya terhadap gerakan penolakan revisi UU Pilkada yang sedang didemo oleh banyak masyarakat di depan DPR sejak Kamis, 22 Agustus 2024. Melalui unggahan di Instagram, Kiky mengajak masyarakat untuk berjuang dengan cara masing-masing, baik yang turun ke jalan maupun yang berjuang lewat jalur lain.

Demonstrasi ini terjadi bersamaan dengan penundaan pengesahan revisi UU Pilkada oleh DPR. Revisi ini memicu reaksi luas karena dianggap menafsirkan secara sepihak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang sebelumnya memberikan kelonggaran bagi partai yang tidak memiliki kursi di DPRD untuk mencalonkan kepala daerah.Beberapa artis, termasuk Kiky Saputri, turut menyuarakan keprihatinan mereka, menolak perubahan tersebut dan meminta agar konstitusi dihormati.

Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK), I Dewa Gede Palguna, menyatakan bahwa tindakan DPR tersebut adalah bentuk pembangkangan terhadap konstitusi. Palguna menekankan bahwa pada akhirnya rakyat akan menjadi hakim terhadap pelanggaran konstitusi ini, mengingat peran MK dalam menjaga Konstitusi UUD 1945.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours