Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya merencanakan untuk meluncurkan transportasi umum baru berupa taksi air pada tahun 2025. Rute taksi air ini akan melintasi jalur air dari Gunung Sari hingga Petekan, dengan tujuan untuk menghidupkan kembali fungsi Sungai Kalimas. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan bahwa transportasi ini akan berbentuk perahu modern yang tidak menggunakan tali tambang atau didayung, melainkan dikelola melalui kerja sama dengan perusahaan kapal di Surabaya. “Perusahaan kapal akan menyediakan unit perahu yang akan digunakan sebagai taksi air ini,” kata Eri.

Langkah ini diambil untuk mengurangi kemacetan di jalur darat yang sering terjadi di kota Surabaya. Eri berharap taksi air ini dapat beroperasi dengan jadwal yang tepat, sehingga penumpang bisa sampai ke titik pemberhentian secara efisien dan tanpa hambatan. “Taksi air ini akan tepat waktu karena tidak ada halangan di jalur air,” jelasnya lebih lanjut. Dengan adanya transportasi baru ini, masyarakat Surabaya diharapkan memiliki alternatif yang lebih nyaman dan efisien dalam mobilitas sehari-hari.

Selain taksi air, Pemkot Surabaya juga tengah merencanakan proyek transportasi lain berupa kereta otonom yang diharapkan mirip dengan sistem kereta di Ibu Kota Nusantara (IKN). Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah kemacetan yang terus meningkat di Surabaya serta menyediakan sarana transportasi yang lebih modern dan ramah lingkungan.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours