Pendapat Pakar Asing Soal Sidang Sengketa Pilpres 2024 : MK Terjebak

JAKARTA – Ian Wilson, seorang ahli politik dan keamanan internasional dari Universitas Murdoch di Australia, telah mengeluarkan kritik terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024 pada Senin (22/4).

Dia menyoroti salah satu keputusan MK yang menyatakan bahwa pencalonan wakil presiden Gibran Rakabuming dalam Pilpres 2024 adalah sah dan tidak terbukti mengandung unsur nepotisme. Wilson menyatakan bahwa keputusan tersebut dapat diprediksi, dan menekankan bahwa MK mungkin terjebak, terutama mengingat peran Paman Gibran, Anwar Usman, sebagai Ketua MK dalam keputusan tersebut.

Menurut Wilson, MK terjebak dalam dilema, karena sementara pencalonan Gibran dinilai tidak etis karena keterlibatan Anwar Usman, tetapi keputusan tersebut tetap dipertahankan. Kritik Wilson menyoroti kerumitan politik dan hukum yang melingkupi putusan MK, dengan menyoroti isu-etis dan kemungkinan konflik kepentingan dalam proses keputusan tersebut. Komentarnya menunjukkan bahwa ada ketidakpuasan terhadap proses hukum dan integritas lembaga peradilan di Indonesia.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours