Satgas Pangan Jatim Sidak Beras di Pasar Pastikan Stok Aman

Surabaya, Jelang Ramadhan, Satgas Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim, Disperindag Kota Surabaya, serta Pimpinan Cabang (Pincab) Bulog Surabaya, melakukan operasi pasar di beberapa pasar serta Gudang Bulog yang ada di Jatim, Selasa (27/2/2024).

Operasi pasar diawali di pasar Pucang Surabaya, Indogrosir di Jalan Prapen Surabaya dan Gudang Bulog Divre Surabaya, di Buduran Sidoarjo.

Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Oki Ahadian Purwono didampingi Kanit III Subdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jatim Kompol Donny K. Bara’langi menjelaskan, atas perintah dan atensi Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, melalui Dirreskrimsus Kombes Pol Luthfie Sulistiawan, satgas pangan jatim dan jajaran untuk melakukan pengecekan secara kontinyu.

Seluruh personel satgas pangan Jawa Timur, baik dari jajaran Polda maupun Jajaran Polres, dalam dua minggu ini telah melakukan pengawasan terhadap ketersediaan bahan pangan, terutama beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP).

“Setelah hasil pelaksanaan kita tadi di beberapa tempat beras Bulog SPHP itu tersedia, jadi distribusi Bulog pun sampai ke pasar, kemudian kita ke Indogrosir beberapa tempat, selain itu juga dari tim di lapangan lainnya juga melakukan pengecekan, jadi beras SPHP itu ada, gak perlu khawatir,” kata AKBP OKI Ahadian.

Lanjut Oki, ada beberapa kios yang sudah didirikan seperti di Pasar Pucang Surabaya, atau TPID yaitu kios yang menyiapkan beras SPHP dari Bulog.

“Jadi tadi harganya sesuai HET ya, harga eceran tertinggi. Jadi gak usah khawatir pada masyarakat silahkan kalo ingin mencari beras SPHP maupun beras premium di Surabaya pasti ada, terutama di Indogrosir kita lihat juga bagus kayak merk Lahap tadi sesuai dengan harga eceran tertinggi ya,” ungkapnya.

Untuk stok beras, setelah tim satgas pangan melakukan pengecekan di gudang Bulog Buduran, ada sekitar 30 ribu ton yang tersedia di Bulog Buduran, Sidoarjo.

“Sementara, sampai dengan saat ini khusus untuk beras SPHP Bulog ini kita belum temukan adanya pelanggaran, tapi tetap kita akan awasi, baik dari distribusi sampai proses penjualan, jadi masyarakat juga tidak usah khawatir kita dari Satgas Pangan Jatim akan terus bersinergi dengan dinas terkait Bulog, Dinas Pertanian, Disperindag Provinsi akan terus melakukan pengawasan terhadap proses distribusi dari mulai hulu ke hilir,” jelasnya.

Sementara itu, Pincab Bulog Surabaya Sugeng Hardono mengatakan, stok di Bulog ada 130 ribu ton, dan di cabang Surabaya ada 30 ribu ton, jadi masyarakat tidak perlu khawatir.

“Pesan kami kepada masyarakat, jangan ikut-ikutan antre Panjang, lah wong berasnya ada kok, tenang di pasar kami sediakan, di kios-kios masyarakat kami juga sediakan, di retail modern kami juga kami siapkan,” ucapnya.

Selain itu, dari informasi dari dinas pertanian maupun pelaku pasar, gabah ini sudah turun. Saat ini gabah kisaran dari harga Rp75 – Rp 78 ribu.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours