Malaysia Ganti Raja Baru, Crazy Rich Berharta Rp 89 T

Jakarta – Penguasa Kesultanan Johor ini dilantik sebagai raja Negeri Jiran ke-17, Selasa (31/1/2024). Dirinya menggantikan Sultan Abdullah Ahmad Shah dari Pahang. Ia menjadi penguasa kedua dari negara bagian selatan yang naik takhta nasional. Ia akan memerintah selama selama lima tahun.

Di Malaysia, jabatan Raja sebagian besar bersifat seremonial. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Sultan banyak berperan dalam lanskap politik negara yang sempat terpecah belah.

Ini berdasarkan sistem rotasi unik yang diterapkan sejak kemerdekaan negara tersebut pada tahun 1957. Di kesempatan yang sama, Sultan Perak Nazrin Muizzuddin Shah akan melanjutkan peran sebelumnya sebagai wakil raja selama lima tahun ke depan.

Sultan Abdullah menggunakan kekuasaan diskresinya selama periode ketidakstabilan politik untuk memilih tiga PM antara tahun 2020 dan 2022. Dalam sebuah wawancara dengan media tertentu pada tanggal 3 Januari, Sultan Abdullah mengatakan dia berharap pemerintahan Anwar Ibrahim akan mempertahankan masa jabatan lima tahun penuhnya, dan menyerukan stabilitas politik di negara tersebut.

Dalam wawancara dengan The Straits Times pada November 2023, Sultan Ibrahim Iskandar sempat mengatakan prioritasnya sebagai raja termasuk memberantas korupsi. Ia mengusulkan agar lembaga antikorupsi tersebut melapor langsung kepada raja. Ia pun juga berharap untuk menghidupkan kembali rencana yang terhenti untuk proyek kereta api berkecepatan tinggi antara ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Dia memiliki kepentingan bisnis yang signifikan, termasuk kepemilikan di Forest City. Ini merupakan sebuah proyek pembangunan senilai US$100 miliar (Rp 1.580 triliun) di lepas pantai Johor. Diperkirakan Sultan Ibrahim dan keluarganya, memiliki kekayaan setidaknya US$5,7 miliar (Rp 89 triliun). Ini termasuk tanah di Singapura dan investasi di berbagai perusahaan termasuk kelapa sawit, real estat, dan telekomunikasi.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours