JAKARTA–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Jokowi sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), untuk menjadi panutan dalam menanamkan nilai-nilai antikorupsi. Dorongan ini muncul terkait dugaan penerimaan gratifikasi berupa fasilitas pesawat jet pribadi yang digunakan Kaesang saat berpergian ke Amerika Serikat.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menyatakan bahwa pihaknya akan meminta klarifikasi dari Kaesang terkait fasilitas jet pribadi tersebut. KPK ingin memastikan apakah fasilitas itu termasuk gratifikasi atau bukan, dengan meminta keterangan langsung dari Kaesang. Pemanggilan ini, menurut Alex, adalah bagian dari upaya pencegahan dan pendidikan antikorupsi, terutama terkait dengan gratifikasi dan pelaporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN).

KPK berharap Kaesang dapat menjelaskan sumber fasilitas mewah tersebut untuk memperjelas situasi dan menjawab pertanyaan masyarakat. Sebelumnya, beredar video di media sosial yang memperlihatkan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, menggunakan jet pribadi Gulfstream G650 dalam perjalanan mereka ke Amerika Serikat, yang memunculkan berbagai spekulasi dari masyarakat.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours