TASIKMALAYA – Puluhan personel dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, dan Satpol PP, mengalami keracunan massal setelah mengonsumsi nasi kuning saat acara gladi bersih di Tasikmalaya pada Rabu, 28 Agustus 2024. Acara ini merupakan persiapan pengamanan untuk kunjungan Presiden Joko Widodo, yang dijadwalkan meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya pada hari Kamis, 29 Agustus 2024.

Keracunan diduga terjadi setelah personel sarapan nasi kuning. Beberapa jam setelah makan, banyak di antara mereka mulai merasakan gejala mual, muntah, diare, dan pusing secara serentak. Dedi Hermawan, petugas BPBD, menyatakan kejadian ini terjadi saat para personel berkumpul untuk koordinasi pada pukul 11.30 WIB.

Menurut Dedi, total korban mencapai sekitar 70 orang. 54 korban keracunan dirawat di Puskesmas Manonjaya, tujuh orang dirujuk ke rumah sakit. Hingga sore, 11 orang masih dirawat di puskesmas. Kepala Puskesmas, Mia Shofia, menjelaskan beberapa korban dengan kesehatan tertentu harus mendapatkan perawatan lebih intensif di rumah sakit.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours