Jakarta – Ribuan driver ojek online (ojol) dan kurir online di Jabodetabek menggelar demonstrasi besar-besaran pada Kamis, 29 Agustus 2024. Aksi dimulai sejak pukul 12.00 WIB di beberapa titik penting seperti Istana Negara, Kantor Gojek, Kantor Grab, dan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta Pusat. Akibat aksi ini, jalan Medan Merdeka ditutup sementara.

Demonstrasi ini dipicu oleh enam tuntutan utama dari Koalisi Ojol Nasional (KON), termasuk revisi Peraturan Kominfo No. 1/2012 terkait tarif layanan pos komersial untuk mitra ojol dan kurir online, serta penyeragaman tarif pengantaran barang dan makanan di semua aplikator. Mereka juga menolak program layanan tarif hemat dan promosi yang dinilai tidak adil bagi mitra driver.

Aksi ini menjadi perhatian besar di media sosial, dengan kata kunci “ojol” menjadi trending topic di platform X, mengumpulkan lebih dari 22.300 tweet. Banyak pengguna internet melaporkan kondisi di lapangan serta memberikan dukungan moral kepada para pengemudi yang berunjuk rasa, sementara yang lain mengeluhkan kesulitan dalam menggunakan layanan online selama demo berlangsung.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours