JAKARTA – KGPAA Mangkunegara X, Bhre Cakrahutomo batal dicalonkan Partai Gerindra di Pilkada Solo 2024. Sebagai gantinya, Gerindra pilih Ketua HIPMI Solo sekaligus keponakan dari Akbar Tanjung, Respati Ardi untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo.

Ardianto Kuswinarno menungkapkan, Gerindra telah terbitkan surat rekomendasi untuk Pilwalkot Solo atas nama Respati Ardi-Astrid Widayani. Astrid adalah Rektor Universitas Surakarta (UNSA). Ia tidak tahu alasan pasti Bhre mundur dari pencalonan. Namun ia mengatakan jika pergantian kandidat di waktu-waktu mendekati akhir pendaftaran telah lazim terjadi di dunia politik.

Ardianto turut menyampaikan jika pemilihan Respati Ardi sebagai calon Wali Kota Solo telah diputuskan secara pribadi oleh mantan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama dengan Gusti Bhre. Ia sama sekali tidak terlibat dalam pembahasan itu. Gerindra menyerahkan sepenuhnya keputusan untuk menentukan sosok pengganti untuk maju Pilkada Solo itu kepada Gibran dan Bhre karena Gibran dinilai lebih paham dan berpengalaman setelah memimpin Kota Solo selama tiga tahun.

“Gerindra kan hanya mengikuti karena Solo itu kan Mas Gibran lebih tahu,” kata dia.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours