JAKARTA – Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan untuk tidak mengusung Kaesang Pangarep, putra Presiden Jokowi, sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Tengah 2024. Sebagai gantinya, KIM memilih mantan Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi, sebagai calon gubernur dan politikus PPP, Taj Yasin Maimoen, sebagai calon wakil gubernur. Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa keputusan ini telah diambil sejak lebih dari seminggu lalu.

Dasco menegaskan bahwa keputusan ini tidak terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang syarat usia minimal calon kepala daerah. Meskipun ada usulan pencalonan Kaesang, KIM tetap memilih Ahmad Luthfi dan Taj Yasin. Dasco juga menyebutkan bahwa Kaesang tidak berada di Indonesia pada saat mendekati waktu pendaftaran calon kepala daerah, sehingga tidak ikut dalam pencalonan.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sempat menawarkan posisi calon wakil gubernur Jawa Tengah kepada Kaesang. “Saya bilang tadi barusan Mas Kaesang kalau enggak Jakarta, gimana kalau Jawa Tengah? Barusan, kita yang minta,” ujar Zulhas. Namun, keputusan KIM telah final dengan memilih pasangan Luthfi-Yasin.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours