APBD SURABAYA 2025 DIPROYEKSIKAN MENCAPAI RP 11,7 TRILIUN, SIMAK PROGRAM UTAMANYA

SURABAYA, – Apabila rencana tersebut disepakati DPRD, maka nilai ini meningkat Rp 925 miliar (8,42 persen) dari APBD tahun 2024 (Rp10,99 triliun). Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Surabaya untuk tahun 2025 direncanakan mencapai Rp 11,7 triliun dengan peningkatan signifikan di beberapa sektor.

Belanja modal untuk gedung dan bangunan akan meningkat dari Rp 615 miliar pada 2024 menjadi Rp 823 miliar, sementara anggaran untuk jalan, jaringan, dan irigasi akan naik dari Rp 1,26 triliun menjadi Rp 1,47 triliun.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengungkapkan bahwa pemanfaatan anggaran ini akan difokuskan pada penanganan banjir dan peningkatan fasilitas kesehatan. Pembangunan Rumah Sakit Surabaya Utara dan perbaikan Puskesmas Pembantu (Pustu) dengan layanan Integrasi Layanan Primer (ILP) menjadi prioritas utama.

Program ILP, yang ditargetkan sebagai percontohan oleh Kementerian Kesehatan, bertujuan meningkatkan akses dan kenyamanan layanan kesehatan hingga tingkat RW. Selain itu, proyek saluran diversi Wiyung, yang terintegrasi dengan Gresik, akan dilanjutkan dengan target penyelesaian pada 2026.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours