SOAL PHK MASAL DI SEKTOR INDUSRTI TEKSTIL BAHLIL MENYEBUT PENUTUPAN PABRIK KARENA MESINNYA TUA DAN TINGGINYA BIAYA PRODUKSI

Jakarta – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengakui adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di sektor industri tekstil. Bahlil menyebut PHK itu disebabkan perpindahan pabrik, penutupan pabrik karena mesinnya tua dan tingginya biaya produksi.

Kendati begitu, Bahlil meminta masyarakat tidak sedih. Sebab, ada industri baru yang tumbuh karena ada investasi. Misalnya, kehadiran pabrik sepatu di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah. Ia mengklaim pabrik sepatu di kawasan industri yang diresmikan Presiden Jokowi pada Jumat, 26 Juli 2024, itu menyerap lebih dari 2.000 tenaga kerja.

“Tidak usah sedih,” kata Bahlil di Kementerian Investasi, Senin, 29 Juli 2024. “Ada (industri) yang pergi, ada yang datang.”

Di sisi lain, Bahlil juga menyebut gulung tikarnya industri tekstil menjadi tantangan yang dihadapi saat ini. Ia pun mengatakan perlunya ada insentif dari pemerintah agar industri bisa tetap bertahan. Ia juga mengusulkan agar perbankan ikut ambil peran. Misalnya, membantu pembiayaan peremajaan mesin.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours