Protes Hari Buruh: Pembakaran Baliho dan Panggilan untuk Demokrasi

Pada Hari Buruh Internasional atau May Day di kawasan Patung Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Mei 2024, peserta aksi membakar baliho yang menampilkan gambar Presiden Joko Widodo, hakim Mahkamah Konstitusi, Ketua Komisi Pemilihan Umum, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu. 

Aksi ini dilakukan oleh massa Aliansi Aksi Sejuta Buruh Indonesia (AASBI) dan Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) sejak pukul 14.00 WIB, dengan orator menyatakan niat mereka untuk mengakhiri aksi dengan membakar baliho Jokowi terlebih dahulu sebagai bentuk kemarahan terhadap pemerintah. Sebelum pembakaran, orator menyampaikan kekecewaan terhadap pemerintah dan menyebut pembakaran ini sebagai protes terhadap kerusakan demokrasi. 

Setelah menyalakan api di bawah baliho, lagu “Darah Juang” mengalun dan beberapa peserta aksi juga menusuk gambar para pejabat tersebut dengan galah bambu. Petugas kepolisian yang berada di lokasi hanya memantau tanpa memberikan respons khusus, sementara kembang api meletus di atas patung kuda Arjuna Wijaya, menciptakan suasana yang dramatis.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours