Jumlah Kendaraan Arus Balik Mudik 2024 Meningkat, Cek Lokasi Kemacetan

JAKARTA – Puncak arus balik mudik 2024 diprediksi terjadi pada Senin, 15 April 2024 dengan kendaraan di empat gerbang tol utama sebanyak 296 ribu kendaraan. Jumlah kendaraan ini dinilai naik dibanding tahun sebelumnya yakni naik 11,7% daripada puncak balik lebaran 2023 atau 127,8% terhadap kondisi normal.

Adapun kepadatan kendaraan diprediksi berasal dari Jalan Tol Trans Jawa dan Bandung, lalu lokasi yang perlu diantisipasi dan diperhatikan pengguna jalan yakni KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena jumlah kendaraan akan meningkat dari tahun sebelumnya. Kemudian simpul transportasi terpadat terdapat di lokasi Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyakarta, Terminal Pulo Gebang, Bandara Halim, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Makasar, Pelabuhan Merak, Terminal Tirtonadi, Bandara Kualanamu, dan Pelabuhan Bira.

Selanjutnya terkait tanggal rawan macet, menurut Kementerian Perhubungan, masyarakat untuk menghindari tanggal-tanggal puncak arus balik selama musim Lebaran tahun 2024. Berdasarkan data Kemenhub, prediksi puncak arus balik nasional diperkirakan terjadi pada H+3 atau Minggu, 14 April 2024, dengan jumlah sekitar 40,99 juta orang atau 21,16%. Di Jabodetabek, prediksi puncak arus balik juga terjadi pada H+3 dengan estimasi sekitar 6,12 juta orang atau 21,52%.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours