Gerhana Matahari Total, Fenomena Yang Dinanti Oleh Penggemar Astronomi.

JAKARTA – 8 April 2024 hari dimana fenomena terjadinya gerhana matahari total (GMT). Fenomena ini merupakan salah satu fenomena yang paling dinanti-nanti oleh penggemar astronomi.

Gerhana matahari total adalah fenomena ketika bulan melintas diantara matahari dan bumi. Pasalnya saat puncak gerhana matahari total, daerah yang dilewati akan gelap selama beberapa detik atau menit. Bayangan bulan kemudian menutupi seluruh permukaan matahari yang seharusnya terlihat dari bumi. Sebagian wilayah akan mengalami langit gelap seperti fajar atau senja. Namun sayangnya masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikannya secara langsung. Pasalnya hanya bisa disaksikan di Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.

“Masyarakat Indonesia tidak bisa melihat gerhana matahari total pada 8 April 2024, karena wilayah Indonesia sedang malam hari.” tulis badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di laman bmkg.go.id pada senin (1/4/2024). Masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan gerhana matahari total bisa melihat melalui live streaming yang disediakan oleh NASA.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours