KAI PILIH IMPOR KRL DARI CHINA SAAT HARGA BUATAN JEPANG LEBIH MURAH

Surabaya – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter resmi akan mengimpor tiga rangkaian kereta (trainset) baru dari pabrikan asal China, CRRC Sifang Co. Ltd. Pembelian tersebut resmi setelah kedua pihak melakukan penandatanganan Kontrak Kerja Sama Pengadaan Sarana KRL Baru pada Rabu, 31 Januari 2024 di Beijing, China. Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan, pihaknya membeli tiga rangkaian KRL baru dengan tipe KCI-SFC120-V. Dana yang dikeluarkan untuk impor ketiga trainset ini sebesar Rp783 miliar.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI John Robertho dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Selasa, 19 September 2023 kala itu menyebut, berdasarkan proposal harga yang diberikan oleh JR East (perusahaan Jepang) tertanggal 30 Juni 2023, satu trainset yang terdiri atas 12 gerbong dibanderol sekitar Rp225,6 miliar.

“Sehingga, untuk impor 3 trainset baru dari Jepang ini kami membutuhkan Rp676,8 miliar,” jelas John kala itu.

Sementara itu, sumber dana untuk peremajaan armada KRL ini didapatkan dari beberapa sumber. Salah satu sumber dananya adalah dari pinjaman yang diambil oleh KAI Commuter. Asdo menambahkan, impor KRL baru ini merupakan pemenuhan atas jumlah sarana kereta sesuai dengan kebutuhan pelayanan pengguna Commuter Line Jabodetabek tahun 2024 -2025 yang sudah mencapai hampir 1 juta pengguna per harinya.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours