Jusuf Kalla Blak-blakan soal Jokowi yang Berubah

Jakarta – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sudah berubah. Perubahan ini ia rasakan saat membandingkan dua periode kepemimpinan Jokowi. Menurut JK, periode pertama saat ia mendampingi Jokowi sebagai Wapres berjalan bagus dan dijalani dengan senang hati dan kebersamaan.

“Tapi begitu periode kedua timbul lah macam-macam. Pikiran, arah, menjadikan tiga kali lah (periode), dan itu melanggar konstitusi, tentu kan? Atau langkah-langkah menunda lah pemilu. Timbul lah negeri ini seperti milik keluarga dan sebagainya. Semua timbul seperti itu yang menimbulkan reaksi negatif dari masyarakat,” katanya.

Kendati demikian, dalam wawancara tersebut JK menyatakan tak mengetahui pasti penyebab Jokowi berubah. Namun ia menyinggung bahwa dalam beberapa hal, kekuasaan bisa membuat orang tidak mau melepaskannya.

JK pun bercerita sudah lebih dari setahun dirinya tidak pernah berkomunikasi intens dengan Jokowi, dan hanya bertemu ketika ada acara.

Ia mengaku pernah meminta waktu bertemu satu tahun lalu, tapi tidak kunjung diberikan kesempatan, sehingga kini ia tidak lagi meminta. Padahal, menurut JK, saat itu ia ingin membuat janji bertemu untuk membicarakan Papua dan bukan soal politik.

“Saya tidak tahu (alasannya). Hanya sibuk sibuk,” katanya.

Jusuf Kalla pada akhir Desember lalu telah secara resmi menyatakan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours