Kemlu RI Gelar Pers Tahunan, Menlu Retno Jabarkan Capaian Indonesia Di Kancah Global 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menggelar Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri tahun 2024. Dalam kesempatan ini, Menlu Retno Marsudi menjabarkan beragam dukungan hingga capaian Indonesia di kancah global. Menlu perempuan pertama di RI ini juga menyampaikan berbagai bantuan yang telah diberikan kepada warga negara Indonesia di berbagai negara, selama 2014 hingga 2023. Baik di aspek perlindungan hukum, ekonomi, hingga aspek proteksi kesehatan.

Di bawah kepemimpinan Retno sebagai menlu selama 10 tahun, diplomasi ekonomi Indonesia telah membuahkan banyak capaian konkret, terutama dalam penguatan perdagangan dan investasi. Sementara untuk investasi, Retno mengatakan realisasi investasi asing sebesar US$28,5 miliar (Rp442 triliun) pada 2014 dan pada periode Januari sampai September 2023, nilai investasi masuk sudah mencapai angka lebih dari US$37 miliar (Rp574 triliun) atau naik lebih dari 32%.

Retno juga memaparkan telah meningkatkan akses pasar dan mengurangi hambatan perdagangan lewat 27 perjanjian perdagangan dan ekonomi dalam bentuk Preferential Trade Agreement (PTA), Free Trade Agreement (FTA), Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) maupun Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Bagikan:

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours